pengendalian sosial

PPKN4410
Sosiologi Politik



3 SKS - Modul 1-6 / Edisi 1
ISBN :
DDC22 : 000
Copyright (BMP) © Jakarta: Universitas Terbuka, 2000

Melalui Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengkaji dan menjelaskan konsep peranan sosiologi politik dalam kehidupan bernegara Materi yang disajikan dalam matakuliah ini mencakup pengertian, hakikat perkembangan dan peranan sosiologi politik, distribusi kekuasaan, perubahan sosial, pengendalian sosial, stratifikasi sosial, partisipasi politik, budaya politik, demokrasi Pancasila, pengembangan struktur politik dan pengembangan infra dan supra politik. Untuk itu mahasiswa diharapkan menjelaskan tentang peranan sosiologi politik dalam pengembangan infra dan supra politik. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes.

pembelian online:
http://ebook.ut.ac.id/product_info.php?cPath=21_60&products_id=2031

Tinjauan Mata Kuliah

Sebagai guru PPKn, Anda tentu pernah mendengar atau menyinggung-nyinggung istilah sosiologi atau politik dalam praktik pengajaran di sekolah. Ketika kuliah, Anda juga tentu pernah mempelajarinya sebagai mata kuliah atau pokok bahasan dalam mata kuliah tertentu. Dan karenanya, kedua istilah itu tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun terhadap istilah-istilah "Sosiologi Politik", yang secara sederhana merupakan gabungan antara istilah sosioolgi dan politik, mungkin Anda belum pernah mengetahuinya atau jika pun pernah mengetahui, mungkin Anda belum memahami substansi materinya secara mendalam.

Jika benar Anda belum mengetahui atau memahaminya secara mendalam, maka mata kuliah ini akan memberikan pemahaman kepada Anda mengenai konsep-konsep yang ada di dalamnya. Untuk itu mata kuliah ini akan menyajikan konsep-konsep sosiologi politik yang meliputi: hakikat, perkembangan, pendekatan dan peranan sosiologi politik: stratifikasi sosial; kekuasaan; kekuatan politik; sosialisasi, partisipasi dan komunikasi politik; demokrasi pancasila; dan pembangunan politik Indonesia.

Konsep-konsep ini sangat penting bagi Anda. Karena itu konsep-konsep tersebut perlu Anda pahami dengan baik untuk lebih memperluas dan memperdalam wawasan Anda. Apalagi Anda sebagai guru PPKn, yang mengemban tugas cukup penting dalam membina peserta didik untuk menjadi warga negara yang baik dan lebih jauh dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemahaman dan penguasaan konsep-konsep mata kuliah ini akan menjadi sangat berarti bagi Anda, terutama dalam menjalankan tugas-tugas pembelajaran. Proses pembelajaran diharapkan akan lebih kondusif, menarik, dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Di samping itu, penguasaan mata kuliah ini juga diharapkan membantu Anda dalam hidup bermasyarakat. Dengan kapasitas Anda sebagai guru PPKn, maka penguasaan mata kuliah ini diharapkan membantu Anda dalam memahami proses-proses sosial dan politik. Selanjutnya, Anda mampu menyesuaikan diri, menempatkan diri serta melibatkan diri dalam proses-proses sosial dan politik tersebut sesuai dengan status Anda.

Sesuai dengan maksud tersebut di atas, maka setelah mempelajari mata kuliah ini, secara komprehensif Anda diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. menjelaskan hakikat sosiologi politik
2. menerangkan konsep strattifikasi sosial
3. menguraikan kekuasaan dalam masyarakat
4. menerangkan kekuatan dan perubahan sosial
5. menjelaskan struktur dan lembaga politik
6. menguraikan konsep budaya politik
7. menguraikan konsep-konsep sosialisasi, partisipasi, dan komunikasi politik
8. menerangkan mengenai Demokrasi Pancasila dan implementasinya
9. menjelaskan prospek pembangunan politik Indonesia.

Untuk mencapai 9 tujuan pembelajaran tersebut di atas, maka mata kuliah ini menyajikan 9 (sembilan) modul belajar sebagai berikut:

* Modul 1 hakikat Sosiologi Politik
* Modul 2 Stratifikasi sosial
* Modul 3 Kekuasaan
* Modul 4 Kekuatan dan Perubahan Sosial
* Modul 5 Struktur dan Lembaga Politik
* Modul 6 Budaya Politik
* Modul 7 Sosialisasi, partisipasi, dan Komunikasi Politik
* Modul 8 Demokrasi Pancasila dan Implementasinya
* Modul 9 Prospek Pembangunan Politik Indonesia.

Pemilihan dan penetapan topik dalam modul-modul belajar ini dikembangkan berdasarkan topik-topik inti mata kuliah Sosiologi Politik kurikulum Pendidikan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah (PTKSM) 1992, yang kemudian dikukuhkan dengan Kurikulum Nasional (KURNAS) tahun 1995. Dengan demikian, penyusunan topik-topik modul belajar mata kuliah Sosiologi Politik yang Anda pegang ini sudah disesuaikan dengan kurikulum terbaru. Yang berarti pula sudah dipertimbangkan kesesuaiannya atau relevansinya dengan kurikulum jenjang pendidikan yang ada di bawahnya. Sehingga Anda tidak perlu ragu mempergunakan modul belajar ini.

Anda tentu ingin berhasil dengan baik dalam mempelajari mata kuliah ini. Untuk itu Anda perlu memperhatikan atau melakukan hal-hal sebaga berikut:

Pertama, bacalah modul ini satu demi satu secara cermat hingga mencapai tingkat keberhasilan atau penguasaan paling tidak 80%

Kedua, gunakan bahan pendukung lain seperti buku-buku, majalah atau surat kabar untuk lebih memperluas dan memperdalam wawasan Anda.

Ketiga. Lakukan diskusi secara intensif dengan mahasiswa lain dalam kelompok kecil dan manfaatkan kegiatan tutorial semaksimal mungkin.

Keempat, bila memungkinkan, lakukan kunjungan ke lembaga-lembaga politik atau tokoh-tokoh politik setempat untuk mengadakan dialog guna memperluas wawasan Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar