munculnya teori sosiologi - antropologi pendidikan

MUNCULNYA TEORI SOSIOLOGI – ANTROPOLOGI PENDIDIKAN


Seperti ilmu – ilmu lain, sosiologi awalnya menjadi bagian dari filsafat social. Ilmu ini membahas tentang masyarakat. Namun saat itu, pembahasan tentang masyarakat hanya berkisar pada hal – hal yang menarik perhatian umum saja, seperti perang, ketegangan atau konflik social, dan kekuasaan dalam kelas- kelas penguasa. Dalam perkembangan selanjutnya, pembahasan tentang masyarakatmeningkat pada cakupan yang lebih mendalam yakni menyangkut susunan kehidupan yang diharapkan dan norma – norma yang harus ditaati oleh seluruh anggota masyarakat.

Pada abad ke – 19, seorang filsuf Perancis bernama Auguste Comte (1798 – 1857) mengemukakan kekhawatirannya atas keadaan masyarakat Perancis setelah pecahnya Revolusi Perancis. Comte melihat selain perubahan positif, yaitu munculnya demokrasi, revolusi juga telah mendatangkan konflik antar kelas di dalam masyarakat. Konflik ini terjadi akibat masyarakat tidak mengetahui cara mengatasi perubahan atau hukum – hukum apa saja yang dapat digunakan untuk mengaturnya. Akibat terjadi anarkisme (tidak adanya aturan yang mengendalikan masyarakat) dalam masyarakat Perancis.

Atas dasar ini Comte menyarankan agar semua penelitian tentang masyarakat ditingkatkan lagi menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan penelitian tersebut harus berdasarkan pada metode – metode ilmiah. Saat itu, Comte membayangkan suatu penemuan hokum – hokum fisik yang dapat mengatur gejala – gejala social. Comte kemudian menamakan ilmu ini Sosisologi. Comte kemudian disebut sebagai bapak sosiologi.

Meskipun Comte menciptakan istilah sosiologi, akan tetapi Herbert Spencer mempopulerkan istilah tersebut melalui buku Principles of Sociology. Di dalam buku tersebut, Spencer mengembangkan system penelitian tentang masyarakat. Ia menerapkan teori evolusi organic pada masyarakat manusia dan mengembangkan teori besar tentang evolusi social yang diterima secara luas di masyarakat. Menurutnya, suatu organ akan lebih sempurna jika organ itu bertambah kompleks karena ada diferensiasi (proses pembedaan) di dalam bagian – bagiannya. Spencer melihat masyarakat sebagai sebuah system yang tersusun atas bagian – bagian yang saling bergantung sebagaimana pada organisme hidup. Evolusi dan perkembangan social pada dasarnya akan berarti, jika ada peningkatan diferensiasi dan integrasi, peningkatan pembagian kerja, dan suatu transisi dari homogen ke heterogen; dari yang sederhana ke yang kompleks. Setelah buku Spencer tersebut terbit, sosiologi kemudian berkembang dengan pesat ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Disiplin antropologi adalah hasil dari pemikiran barat yang relative baru. Padahal pertanyaan manusia tentang siapa dirinya di dunia ini sudah ada semenjak dulu. Perkembangan antropologi yang lamban itu terjadi karena keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh manusia. Tanpa adanya sarana untuk mengadakan perjalanan ke tempat – tempat jauh di dunia, pengamatan tentang manusia dan kebudayaannya sangat sulit dilakukan. Hal lain yang menyebabkan lambannya perkembangan antropologi adalah kegagalan bangsa Eropa untuk melihat bahwa mereka dan bangsa – bangsa lain memiliki sifat kemanusiaan yang sama. Mereka masih menganggap di luar bangsanya adalah “biadab” atau “barbar”. Baru pada akhir abad 18, mereka menyadari keanekaragaman manusia atau perilaku manusia yang dianggap biadab itu justru membantu mereka memahami diri sendiri.

Tahap – tahap perkembangan disipli ilmu antropologi dikemukakan oleh Koentjaraningrat. Koentjaraningrat membaginya ke dalam 4 tahap. Tahap pertama ditandai dengan tulisan tangan bangsa Eropa yang melakukan penjelajahan di benua Afrika, Asia, dan Amerika pada akhir abad ke – 15. Tulisan itu merupakan deskripsi keadaan bangsa – bangsa yang mereka singgahi. Deskripsi yang dituliskan mencakup adat istiadat, suku, susunan masyarakat, bahasa, dan ciri – ciri fisik. Deskripsi tersebut sangat menarik bagi masyarakat Eropa karena berbeda dengan keadaan di Eropa pada umumnya. Bahan deskripsi itu disebut juga Etnografi (Etnos berarti bangsa).

Pada tahap ke dua mereka menginginkan tulisan – tulisan atau deskripsi yang tersebar itu dikumpulkan jadi satu dan diterbitkan. Isinya disusun berdasarkan cara berpikir evolusi masyarakat, yaitu masyarakat dan kebudayaan manusia berevolusi dengan sangat lambat, dari tingkat rendah sampai tingkat tertinggi. Dari sinilah bangsa – bangsa dunia digolongkan menurut tingkat evolusinya. Sekitar tahhun 1860, terbit karangan yang mengklasifikasikan berbagai kebudayaan dunia berdasarkan tingkat evolusinya. Saat itu lahirlah antropologi.

Dengan demikian pada tahap kedua ini, antropologi telah bersifat akademis. Pada tahap ini, antropologi mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitive untuk memperoleh pengertian mengenai tingkat – tingkat perkembangan dalam sejarah evolusi dan sejarah penyebaran kebudayaan manusia di dunia.

Pada tahap ke tiga, antropologi menjadi ilmu yang bersifat praktis. Pada tahap ini, antropologi mempelajari masyarakat jajahan demi kepentingan pemerintah colonial. Hal ini berlangsung sekitar pada awal abad ke – 20. Pada abad ini, antropologi semakin penting untuk mengukuhkan dominasi bangsa – bangsa Eropa Barat di daerah jajahannya. Dengan antropologi, bangsa Eropa mempelajari dan tahu bagaimana menghadapi masyarakat daerah jajahannya. Selain itu, bangsa – bangsa terjajah pada umumnya belum sekompleks bangsa Eropa Barat. Oleh karena itu, mempelajari bangsa – bangsa terjajah bagi bangsa Eropa dapat menambah pengertian mereka tentang masyarakat mereka sendiri (Bangsa Eropa Barat) yang kompleks.

Pada tahap ke empat, antropologi berkembang sangat luas, baik dalam akurasi bahan pengetahuannya maupun ketajaman metode – metode ilmiahnya. Hal ini berlangsung sekitar pertengahan abad ke – 20. Sasaran penelitian antropologi di masa ini bukan lagi suku bangsa primitive dan bangsa Eropa Barat, tapi beralih pada penduduk pedesaan, baik mengenai keanekaragaman fisik, masyarakat, maupun kebudayaannya termasuk suku bangsa di daeah pedesaan yang ada di Amerika dan Eropa Barat itu sendiri. Peralihan sasaran penelitian itu terutama disebabkan oleh munculnya ketidaksenangan terhadap penjajahan dan makin berkurangnya masyarakat yang dianggap primitive.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar